Nama : Ridha Rachmawati
NPM : 25217153
Kelas : 4EB10
Mata Kuliah : MSDM #
Tugas M-12
Kepuasan
Kerja
Kepuasan Kerja (job satisfaction) diciptakan
sebaik–baiknya supaya moral kerja, dedikasi, kecintaan, dan kedisiplinan
karyawan meningkat.
· Kepuasan dalam pekerjaan
Kepuasan
yang dinikmati dalam pekerjaan dengan memperoleh pujian hasil kerja, penempatan,
perilakuan, peralatan, dan prestasi dan suasana lingkungan kerja yang baik.
· Kepuasan di luar pekerjaan
Kepuasan
kerja yang dinikmati diluar pekerjaan dengan besarnya balas jasa yang akan
diterima dari hasil kerjanya.
· Kepuasan kerja kombinasi
Kepuasan
kerja yang dicerminkan oleh emosional yang seimbang antara balas jasa dengan
pelaksanaan pekerjaannya.
Faktor – faktor yang
memengaruhi kepuasan karyawan :
(-) Balas jasa yang
adil dan layak,
(-) Penempatan yang
tepat sesuai dengan keahlian,
(-) Berat-ringannya
pekerjaan,
(-) Suasana dan
lingkungan pekerjaan,
(-) Peralatan yang menunjang
pelaksanaan pekerjaan,
(-) Sikap pimpinan
dalam kepemimpinannya,
(-) Sifat pekerjaan
monoton atau tidak
Kepuasan kerja
memengaruhi tingkat kedisiplinan karyawan, artinya jika kepuasan diperoleh dari
pekerjaan maka kedisiplinan karyawan baik, dan sebaliknya. Kepuasan
kerja karyawan banyak dipengaruhi sikap pimpinan dalam kepemimpinannya. Kepemimpinan
otoriter mengakibatkan kepuasan kerja karyawan rendah.
Referensi
Hasibuan,
Malayu,S.P.,Drs.2007, Manajemen Sumber
Daya Manusia, edisi revisi, Bumi Aksara, Jakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar